December 18, 2021

Simak Anjuran Memasak Daging Aqiqah dan Pembagiannya

Paket Nasi Box Jakarta - Aqiqah memang menjadi salah satu bentuk ibadah dimana hukumnya adalah sunah mu‘akad. Sunnah muakad adalah jenis sunnah yang sangat diutamakan pelaksanaannya. Oleh sebab itu, bagi umat muslim yang mampu, maka sangat disarankan untuk melaksanakan ibadah yang satu ini.

Salah satu hikmah yang bisa kita dapatkan dari ibadah aqiqah adalah bisa membagikan daging aqiqah kepada para tetangga, saudara maupun fakir miskin yang membutuhkannya. Daging aqiqah yang dibagikan tentu bisa membuat orang yang menerimanya merasa senang. Terutama bagi mereka yang memang tidak pernah makan daging kambing sebab ketidakmampuan untuk membelinya. Oleh sebab itu, dengan membagikan daging aqiqah kepada orang lain tentu kita juga ikut menebar kebahagiaan kepada mereka.

Lalu Bagaimana Anjuran Pembagian Daging Kambing Tersebut?

Apakah lebih baik daging aqiqah yang kita bagikan dalam kondisi daging mentah atau daging yang telah dimasak menjadi makanan yang siap saji? Didalam matan Minhajuth Thalibin, Imam Nawawi Asy-syafi’I telah menyebutkan, “(Daging aqiqah) disunnahkan untuk dimasak (sebelum dibagikan).”

Kebaikan orang yang melakukan aqiqah bisa tercermin dari pembagian daging aqiqah yang sudah dimasak tersebut. Selain itu, hal tersebut juga menunjukkan kemuliaan akhlaknya dan juga menjadi tanda kedermawanan. Mengapa demikian? Sebab dengan membagikan daging yang telah matang atau dimasak, maka tidak akan merepotkan orang yang menerima daging tersebut, sebab mereka dapat menyantapnya secara langsung tanpa harus repot mengolahnya terlebih dahulu.

Selain itu, Taqiyuddin Abu Bakr RA, penulis kitab  Kifayatul Akhyar, juga menjelaskan, “Hendaklah hasil sembelihan hewan aqiqah tidak disedekahkan mentahan, namun dalam keadaan sudah dimasak.

Berdasarkan penjelasan Taqiyuddin Abu Bakr tersebut diatas, akan lebih afdhal apabila hasil sembelihan aqiqah tersebut dimasak sebelum dibagikan. Namun, apabila kita mengundang orang - orang untuk berkumpul dirumah kita sendiri kemudian bersama – sama makan daging aqiqah tersebut, maka hukumnya diperbolehkan. Oleh sebab itu, kita boleh saja mengundang orang lain untuk menyantap hasil masakan daging aqiqah serta menikmati bersama di di rumah kita, seperti  yang kita lakukan saat walimah nikah.

Baca Juga: Amalan yang Disunnahkan Dalam Menyambut Kelahiran Bayi

Dari beberapa penjabaran diatas, maka bisa disimpulkan bahwa saat kita hendak melaksanakan aqiqah untuk putra maupun putri kita, lebih baik kita membagikan daging aqiqah tersebut dalam keadaan yang sudah dimasak atau siap santap. Apabila Anda merasa kerepotan untuk melakukan penyembelihan dan mengolah daging aqiqah sendiri di rumah, Anda dapat memanfaatkan jasa layanan aqiqah.

Ada berbagai pilihan menu paket nasi box Jakarta yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, Untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah.Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah. Selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person penyedia paket nasi box Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek