December 17, 2021

Amalan yang Disunnahkan Dalam Menyambut Kelahiran Bayi

Jasa Paket Aqiqah Jakarta - Kelahiran bayi adalah sebuah karunia dan anugerah yang besar dari Allah Ta'ala untuk para orangtua. Tidak dapat dilukiskan betapa bahagianya saat sang bayi terlahir di dunia. Tentu setiap orangtua pasti mendambakan agar bayinya kelak menjadi anak yang saleh atau saleha, cerdas, sehat dan juga tumbuh dilingkupi kebaikan.

Terdapat adab dan juga amalan yang dianjurkan untuk dilakukan orangtua dalam menyambut kehadiran sang buah hati, seperti yang dijelaskan pada Kitab "Mughnil Muhtaj ila ma'rifati alfadhil Minhaj" dan 'Tuhfatul Habib Ala Syarhil Khatib' mengenai Bab Aqiqah.

Amalan yang disunnahkan kepada bayi baru lahir yang pertama adalah mengumandangkan adzan pada telinga bagian kanan dan juga iqomah di telinga kiri. Setelah itu, mengucapkan Salamun An-Nisa (salam sejahtera anak perempuan) dan Salamun Zakrun (salam sejahtera anak laki-laki).

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barangsiapa yang anaknya baru dilahirkan, kemudian dia mengumandangkan adzan ke telinga kanannya dan iqomah di telinga kirinya, maka anak yang baru lahir itu tidak akan terkena bahaya 'ummu shibyan'. (Dari Hasan bin Ali RA)

Yang dimaksud Ummu shibyan’ disini adalah angin yang diembuskan ke anak, yang bisa membuat anak (bayi) tersebut takut kepadanya. Ada juga yang menyebutkan bahwa itu adalah 'qarinah', atau sebangsa jin.

Terdapat amalan sunnah lainnya yang perlu dilaksanakan, diantaranya adalah:

  1. Memberikan harum-haruman/za'faron atau parfum bayi di atas kepala bayi
  2. Aqiqah atau memotong kambing dilaksanakan pada hari ke-7 dari kelahiran bayi. Kemudian dagingnya disedekahkan dalam keadaan yang sudah matang dan sebagian dagingnya boleh untuk dimakan sendiri. Selain itu, saat penyembelihan diusahakan supaya tulang belulang kambing tidak sampai pecah, dimana pemotongan bisa dilakukan tepat di persendiannya. Hal tersebut sebagai bentuk harapan supaya kondisi fisik anak bisa selalu kuat nantinya.
  3. Urutan pelaksanaan aqiqah adalah aqiqah, lalu cukur rambut, dan juga pemberian nama.

Baca Juga: Alasan Mengapa Anda Perlu Memanfaatkan Layanan Jasa Aqiqah Jakarta

  1. Pencukuran rambut bayi dilaksanakan sesudah pemotongan hewan aqiqah, seperti pada ibadah  haji, tahallul dilaksanakan sesudah qurban.
  2. Melakukan Tahnik. Kebiasaan yang dilakukan oleh para sahabat dalam menyambut bayi yang baru lahir adalah langsung membawanya ke hadapan Rasulullah SAW. Kemudian, beliau memerintahkan untuk mengambil kurma, lalu mengunyahnya sampai halus, untuk kemudian diambil sedikit (dari dalam mulut beliau), lalu disuapkan ke mulut bayi. Lumatan tersebut dioleskan perlahan pada langit-langit mulut bayi, dimana bayi secara "otomatis" akan menghisapnya. Dengan cara ini, maka akan masuk 2 kandungan, yaitu glukosa (karbohidrat) yang bermanfaat untuk kekuatan fisik serta ludah Rasulullah yang tentunya akan membawa berkah. Kemudian sunnah tersebut dilanjutkan oleh ummat Islam, dengan melakukan tahnik pada bayinya kepada para ulama.

Untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah. Selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa paket aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek