0813-8660-8329
<< Klik Utk Telp & Simpan No.
June 10, 2021

Rayakan Rasa Syukur dengan Jasa Aqiqah Jakarta Terbaik Ini

Jasa Aqiqah Jakarta - Aqiqah adalah sebuah prosesi menyembelih hewan ternak yang dilakukan sebagai sebuah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Khususnya terkait dengan anugerah atas kelahiran sang buah hati ke dunia. Dalam ajaran agama Islam, prosesi ini memiliki cara atau syariat tertentu dalam pelaksanaannya. Selain mampu untuk menyembelihnya sendiri, sekarang ini Anda sudah bisa […]

Jasa Aqiqah Jakarta - Aqiqah adalah sebuah prosesi menyembelih hewan ternak yang dilakukan sebagai sebuah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Khususnya terkait dengan anugerah atas kelahiran sang buah hati ke dunia. Dalam ajaran agama Islam, prosesi ini memiliki cara atau syariat tertentu dalam pelaksanaannya. Selain mampu untuk menyembelihnya sendiri, sekarang ini Anda sudah bisa mewakilkannya melalui jasa layanan aqiqah yang sudah banyak tersedia secara umum. Namun sebelum Anda sampai kepada Ali itu, ada baiknya Anda memahami dahulu dengan baik tentang hukum aqiqah serta pelaksanaannya yang sesuai tuntunan atau syariat Islam.

Hukum Aqiqah Dalam Islam

Menurut pendapat para ulama mazhab seperti Imam Malik dan juga Imam Syafi’i, hukum pelaksanaan aqiqah ini adalah sunnah muakkad. Hal tersebut memiliki dasar kepada ajaran dari Nabi Muhammad SAW yang tentunya dipraktekkan langsung oleh beliau di zaman itu. Ini sesuai dengan sabda dari Rasulullah SAW mengenai aqiqah adalah bahwa di hari ketujuh setelah bayi lahir, maka akan dilakukan penyembelihan hewan ternak sebagai perwujudan rasa syukur. Selain itu, juga dilakukan pemberian nama yang baik serta mencukur rambut dari sang bayi.

Syarat-Syarat Aqiqah

Ada beberapa macam syarat utama yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan aqiqah ini. Yaitu berdasarkan jenis kelamin bayi, waktu pelaksanaan aqiqah serta jumlah hewan yang disembelih. Lebih lanjut lagi, aqiqah untuk anak perempuan dan laki-laki memiliki perbedaan utama pada jumlah hewan yang disembelih. Dimana hal tersebut disesuaikan dengan dalil dari Ummu Kurz yang berasal dari sabda Nabi Muhammad SAW.

Untuk prosesi aqiqah bagi bayi laki-laki, maka hewan ternak yang disembelih adalah sejumlah 2 ekor kambing. Namun juga diperbolehkan juga untuk menyembelih 1 ekor kambing saja bagi mereka yang kurang memiliki kemampuan untuk menyembelih 2 ekor kambing. Sedangkan aqiqah untuk anak yang berjenis kelamin perempuan cukup dengan menyembelih 1 ekor kambing.

Menurut sabda dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan ke dalam hadist oleh beberapa ulama, pelaksanaan aqiqah ini dilakukan di hari ke-7 sejak kelahiran sang bayi. Tetapi disunnahkan juga untuk penghitungan hari tersebut adalah termasuk hari lahirnya. Kita dapat mengambil contoh apabila bayi tersebut terlahir pada hari Ahad, maka kesunnahan untuk pelaksanaan aqiqah itu jatuh pada hari Sabtu.

Jika dalam waktu 7 hari belum mampu untuk melakukan prosesi aqiqah ini, maka disunnahkan untuk dilakukan di hari ke-14 atau ke-21. Apabila di hari ke-21 tersebut masih belum sanggup untuk melaksanakannya, maka boleh untuk dilaksanakan di kemudian hari jika sudah mampu.

Baca Juga: Merawat Bayi Sesuai Ajaran Islam dan Tuntunan Rasulullah SAW

Syarat Serta Kondisi Kambing untuk Aqiqah

Dalam hadist Rasulullah SAW tidak disebutkan secara jelas mengenai aturan untuk jenis kelamin kambing yang digunakan untuk aqiqah. Maka boleh-boleh saja menggunakan kambing jantan atau kambing betina. Untuk hal terkait usia kambing, yang menjadi syarat adalah berusia lebih dari 1 tahun atau masuk tahun ke-2 usianya.

Sedangkan syarat untuk fisik dari kambing untuk aqiqah tersebut harus dalam keadaan yang sehat, tidak ada cacat pada tubuhnya, bebas dari penyakit apapun, serta berat timbangannya cukup. Lebih lanjut lagi, tidaklah diperbolehkan menggunakan kambing yang terlalu kurus, tidak bisa melihat (buta), atau tanggal gigi bagian depannya. Cara menyembelih kambing untuk aqiqah ini tidak boleh sembarangan. Sebab sudah ada ketentuan jelas yang mengatur hal ini dan sesuai dengan syariat agama Islam.

Yang pertama adalah pisau yang digunakan untuk menyembelih harus benar-benar tajam. Sebelum melakukan penyembelihan, posisikan kambing secara miring ke arah kiblat. Lalu baca basmalah, Sholawat Nabi, takbir, kemudian doa menyembelih hewan aqiqah. Jika Anda tidak melakukan penyembelihan sendiri atau mewakilkannya kepada jasa aqiqah Jakarta, usahakan untuk menyaksikan penyembelihan ini secara langsung.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

Pesan Aqiqah
Jasa Aqiqah Jakarta - Copyright © 2021
made with 💜 cKy