0813-8660-8329
<< Klik Utk Telp & Simpan No.
January 5, 2022

Mitos Tentang Bayi Baru Lahir yang Salah Kaprah

Aqiqah Jakarta - Ibu yang baru saja melahirkan memang cukup rentan terkena baby blues. Ada banyak penyebab yang melatarbelakangi hal tersebut, salah satunya adalah kekhawatiran mengenai cara merawat bayi mereka. Apalagi memang banyak mitos yang beredar di masyarakat seputar bayi baru lahir.

Padahal mitos yang tengah beredar tersebut belum tentu kebenarannya. Oleh sebab itu, para orangtua tidak boleh percaya begitu saja terhadap mitos yang beredar tersebut. Bisa jadi mitos tersebut tidak benar dan bahkan dapat menyesatkan.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui beberapa mitos tentang bayi baru lahir yang perlu diluruskan berikut ini:

Bayi Harus Dibedong dengan Ketat Supaya Kakinya Tidak Bengkok

Perlu diketahui bahwa bayi yang baru lahir kakinya memang tampak seperti bengkok atau seperti huruf o. Tapi lama-kelamaan ketika kakinya mulai kuat, dengan sendirinya akan lurus. Membedong bayi dengan sangat ketat tidak memiliki hubungan dengan bentuk kaki.

Membedong bayi dilakukan dengan tujuan supaya bayi merasa hangat serta nyaman. Apabila bedongnya diikat terlalu kuat serta ketat, maka bayi justru akan menjadi susah bergerak dan merasa tidak nyaman.

Pusar yang Bodong Perlu Ditempel Koin

Ketika bayi menangis, pusar mereka memang akan terlihat menonjol sehingga tampak seperti bodong. Hal tersebut disebabkan karena otot dinding pada bayi memang masih lemah. Menempel koin pada pusar bayi bukan lah hal yang direkomendasikan sebab dapat berisiko menyebabkan infeksi. Oleh sebab itu, jangan pernah menempelkan koin ke pusar bayi Anda.

Tidak Boleh Memotong Kuku Bayi Hingga Usia 40 Hari

Beberapa bayi memang memiliki kuku yang sudah panjang sejak lahir. Memang pada awalnya kuku bayi baru lahir masih lunak. Namun, beberapa hari kemudian tentu akan menjadi keras dan dapat melukai kulitnya sendiri.

Sebenarnya, kuku bayi sudah boleh dipotong sejak ia lahir. Namun, Anda perlu menggunakan gunting kuku yang didesain khusus untuk bayi. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati ketika memotong kuku bayi supaya tidak melukai jari tangannya.

Bayi Tidak Boleh Keluar Rumah Sebelum 40 Hari

Namun, faktanya bayi boleh diajak keluar rumah, misanya untuk keperluan periksa ataupun kontrol ke dokter atau untuk berjemur sebentar. Sebenarnya yang tidak disarankan adalah membawa bayi yang masih baru lahir  jalan-jalan ke tempat umum yang ramai. Sebab bayi masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan dikhawatirkan ia tertular penyakit.

Baca Juga: Cara Menyembelih Kambing untuk Aqiqah Sesuai Sunnah

Bayi Boleh Diberi Pisang Supaya Cepat Besar

Bayi baru lahir hanya memerlukan ASI. Sebaiknya Bunda memberikan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan. Makanan pendamping ASI boleh  diberikan ketika bayi berusia 6 bulan. Memberikan MPASI terlalu dini tanpa indikasi ataupun anjuran dari dokter dapat membahayakan pencernaan bayi. Oleh sebab itu, jangan memberikan makanan dalam bentuk apapun termasuk pisang kepada bayi yang baru lahir.

Itulah beberapa mitos seputar bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui. Selain mengetahui mitos tersebut, para orang tua juga perlu mengetahui sunnah apa saja yang perlu dilakukan dalam menyambut bayi baru lahir, dimana salah satunya adalah melaksanakan aqiqah. Aqiqah merupakan ibadah yang dilaksanakan sebagai bentuk syukur terhadap Allah SWT atas kelahiran sang buah hati. Ibadah tersebuut dilaksanakan dengan melakukan prosesi penyembelihan hewan aqiqah seperti kambing, lalu dibagikan kepada keluarga, tetangga ataupun fakir miskin.

Untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah. Selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

Pesan Aqiqah
Jasa Aqiqah Jakarta - Copyright © 2021
made with 💜 cKy