0813-8660-8329
<< Klik Utk Telp & Simpan No.
January 4, 2022

Cara Menyembelih Kambing untuk Aqiqah Sesuai Sunnah

Paket Nasi Box Jakarta - Kelahiran anak di dunia menjadi sebuah momen yang paling ditunggu oleh banyak pasangan suami istri. Sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran sang buah hati, maka para orang tua dianjurkan untuk melaksanakan ibadah aqqiah. Seperti yang diajarkan Rasulullah SAW mengenai aqiqah: Dari sahabat Samurah bin Jundub radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya. Disembelih pada hari ketujuh, dicukur gundul rambutnya, dan diberi nama.” (H.R. AHMAD)

Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakkad. Oleh sebab itu, bagi para orangtua yang mampu melaksanakan ibadah yang satu ini memang lebih baik segera melaksanakan aqiqah pada hari ke- 7, ke- 14 atau ke - 21 setelah kelahiran bayi. Namun, jika belum mampu melaksanakan pada hari tersebut, maka boleh pada hari – hari berikutnya.

Terdapat ketentuan yang perlu diperhatikan mengenai jumlah hewan yang disembelih untuk aqiqah, berdasarkan H.R. Abu Daud dan Nasai:

“Barang siapa di antara kamu ingin beribadah tentang anaknya, hendaklah dilakukan aqiqah untuk anak laki-laki 2 ekor kambing yang sama umurnya dan untuk anak perempuan satu kambing.”

Dalam hal menyembelih hewan aqiqah, terdapat beberapa syarat dan rukun penyembelihan sesuai dengan syariat Islam yang perlu diperhatikan. Berikut tata cara terkait menyembelih hewan aqiqah yang perlu Anda simak:

  1. Hewan aqiqah hendaknya disembelih oleh shohibul aqiqah sendiri apabila mampu. Namun, jika memang tidak mampu maka boleh diwakilkan kepada orang lain yang disaksikan oleh shohibul aqiqah.
  2. Menggunakan pisau tajam.
  3. Hindari mengasah pisau di depan hewan yang akan disembelih, sebab hal ini bisa membuat hewan tersebut merasa ketakutan.
  4. Hewan dihadapkan ke arah kiblat
  5. Hewan dibaringkan di atas lambung bagian kiri.
  6. Disyariatkan untuk membaca basmalah, serta disunnahkan mengumandangkan takbir sebagaimana saat menyembelih hewan kurban.

Baca Juga: Simak Syarat dan Ketentuan Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

  1. Disunnahkan untuk menyebut aqiqah anak yang diaqiqahi. Berikut doa yang perlu dibaca bagi orang yang akan melakukan penyembelihan hewan untuk aqiqah:

Bismillâhi walLâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…( nama bayi)

Artinya: "Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (sebutkan nama bayi)."

  1. Menyembelih dilakukan dengan cepat supaya meringankan rasa sakit yang dialami oleh hewan aqiqah.
  2. Perlu dipastikan bahwa tenggorokan, kerongkongan, serta dua urat leher sudah pasti terpotong.
  3. Jangan mematahkan leher sebelum hewan aqiqah benar-benar mati.

Itulah beberapa tata cara yang perlu diperhatikan dalam menyembil hewan aqiqah. Namun, kini Anda sudah tidak perlu repot dan bingung lagi dalam melaksanakan acara aqiqah, sebab kini kehadiran jasa aqiqah bisa membantu pelaksanaan acara aqiqah supaya berjalan lancar.

Untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah.Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah. Selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa penyedia paket nasi box Jakarta terbaik ini sekarang juga!

Pesan Aqiqah
Jasa Aqiqah Jakarta - Copyright © 2021
made with 💜 cKy