July 12, 2021

Mau Nikah? Awas, Jangan Salah dengan Tujuan Pernikahan

Jasa Aqiqah Jakarta - Sebuah pernikahan sering kali dianggap sebagai sesuatu yang sangat sakral dan menjadi awal lembaran kehidupan baru. Pernikahan ini menjadi sebuah tujuan yang sama bagi sebagian pasangan yang saling mencintai. Namun sayangnya tidak semua pasangan yang menikah ini memiliki tujuan pernikahan yang sama. Bahkan dua orang yang menjalin satu hubungan ini juga bisa saja memiliki tujuan yang berbeda. Lantas, apakah sebenarnya tujuan dari pernikahan itu?

Berbagai Tujuan Perkawinan

Ada beberapa jenis alasan serta tujuan yang membuat beberapa orang akhirnya memutuskan untuk menjalin pernikahan. Dan berikut ini adalah berbagai tujuan pernikahan tersebut:

  1. Karena cinta
  2. Supaya ada seseorang yang bisa menemaninya menjalani kehidupan
  3. Supaya dapat menyatakan komitmen untuk bersama seumur hidupnya
  4. Supaya dapat memberikan keamanan untuk anak
  5. Supaya dapat membuat perjanjian atau komitmen kepada publik satu sama lainnya
  6. Supaya bisa mendapatkan status yang sah dan juga keamanan dari sisi ekonomi
  7. Supaya dapat memenuhi perintah agama dan menghidupkan sunnah Rasulullah SAW

Namun, di sisi yang lain, ada sebagian orang yang menolak untuk menikah. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk tidak menikah:

  1. Memiliki pengalaman yang buruk dalam hubungan yang dijalani sebelumnya
  2. Tidak ingin memiliki komitmen apapun
  3. Memiliki pandangan bahwa komitmen tertentu tidak membutuhkan status atas sebuah pernikahan
  4. Memiliki rasa takut gagal jika nanti membangun rumah tangga
  5. Ingin menikmati kehidupan sebagai single

Baca Juga: Inilah Syarat Kambing yang Disembelih Oleh Jasa Aqiqah Jakarta

Tujuan Utama Pernikahan Dalam Islam

Dalam syariat Islam pernikahan memiliki tujuan mulai, lebih dari sekedar menyatukan hati dua orang yang saling mencintai satu sama lain. Pernikahan ini adalah bagian dalam menjalankan perintah Allah SWT dan mengikuti sunnah sebagaimana Nabi Muhammad SAW mencontohkannya. Selain sebagai sebuah bentuk perintah agama, Islam juga memberikan anjuran untuk memiliki tujuan yang tepat untuk menikah sebagai berikut:

1. Menjaga Dirinya dari Maksiat

Menurut agama kita, pernikahan merupakan salah satu cara untuk menjaga diri kita dari perbuatan maksiat. Memiliki dorongan seksual merupakan sebuah hal yang wajar, baik itu laki-laki ataupun wanita. Tetapi, seseorang yang tidak mampu menahan godaan yang satu ini, akan bisa terjerumus ke dalam jurang kemaksiatan. Sehingga dengan menikah diharapkan seseorang bisa lebih baik dalam mengendalikan nafsunya dan perbuatan maksiat akan dapat dihindari.

Tetapi anjuran tersebut diperuntukkan untuk orang yang sudah memiliki rasa tanggung jawab besar dalam membina rumah tangga. Jadi apabila Anda merasa belum mampu, maka sebaiknya menjalankan puasa sebagai sebuah cara untuk mengendalikan hawa nafsu.

2. Mendapatkan Keturunan

Tujuan dari membangun nikah yang selanjutnya adalah memiliki keturunan. Selain sebagai penerus orang tua, anak juga dapat memperbanyak umat muslim. Anak-anak dari umat muslim pun diharapkan akan menjadi penerus agama Islam dan bangsanya. Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah, Anda harus menyelenggarakan aqiqah untuk si kecil. Dan untuk kemudahan, ada Rizki jasa aqiqah Jakarta yang profesional.

3. Membangun Keluarga yang Islami

Keluarga adalah bagian terkecil yang ada dalam sebuah masyarakat sosial. Untuk menerapkan syariat Islam secara kaffah (menyeluruh) di dalam kehidupan bermasyarakat, maka perlu untuk memulainya dari keluarga sendiri terlebih dulu. Dengan membangun keluarga yang Islami, maka penerapan dasar syariat Islam juga dapat dilaksanakan kepada anggota keluarganya.

Usai Anda mengetahui tujuan menikah secara umum dan dari pandangan agama Islam, Anda bisa mempertimbangkan secara matang sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek