June 23, 2021

Benarkah Aqiqah Anak Laki-Laki dengan Satu Kambing Itu Boleh?

Jasa Aqiqah Jakarta - Banyak dari kita sudah tahu bahwa anak laki-laki di hari ke-7 kelahirannya akan diaqiqahkan dengan cara menyembelih dua ekor kambing. Tetapi bagaimana jika orang tua tidak mampu mengaqiqahkan anaknya, bolehkah aqiqah untuk anak laki-laki dengan menggunakan satu ekor kambing saja?

Terkait dengan masalah ini, para ulama memiliki perbedaan pendapat karena adanya dalil yang berbeda mengenai masalah ini. Ada dalil yang mengemukakan bahwa anak laki-laki diaqiqahkan dengan menggunakan dua ekor kambing dan ada dalil juga yang menyebutkan aqiqah bisa menggunakan satu ekor kambing saja. Berikut ini adalah beberapa dalil yang berbeda tersebut.

Dalil Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dengan Dua Ekor Kambing

Dari Ummu Kurz Al Ka'biyyah, beliau menyampaikan, bahwa beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Untuk anak laki-laki 2 kambing yang sama dan untuk anak perempuan 1 kambing .” Abu Daud berkata, aku mendengar Ahmad (Nabi Muhammad SAW) bersabda, “Mukafiatani yaitu yang sama atau saling berdekatan.” (HR. Abu Daud no. 2834 dan Ibnu Majah no. 3162. Syaikh Al Albani menilai bahwa hadits tersebut shahih)

Dari Ummul Mukminin, 'Aisyah RA, beliau mengemukakan bahwa, “Rasulullah SAW memerintahkan mereka, untuk anak laki-laki aqiqah dengan 2 ekor kambing dan anak perempuan dengan 1 ekor kambing.” (HR. Tirmidzi no. 1513)

Kedua hadist tersebut dengan jelas dan pasti berisi dengan jelas akan hal yang membedakan aqiqah bagi anak laki-laki dan perempuan. Untuk anak laki-laki adalah dengan menyembelih dua ekor kambing dan anak perempuan adalah menyembelih satu ekor kambing saja.

Dalil Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dengan Satu Ekor Kambing

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, beliau berkata, ““Rasulullah SAW pernah mengaqiqahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing satu ekor domba.” (HR. Abu Daud no. 2841)

Tetapi dalam sebuah riwayat An Nasai, dari Ibnu Abbas, beliau menyampaikan, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing dua ekor gibas (domba).” (HR. An Nasai no. 4219)

Hadist dari Ibnu Abbas ini dikeluarkan oleh Abu Daud, dan itulah yang menjadi dasar pendapat oleh Imam Malik. Beliau menyatakan bahwa pada dasarnya aqiqah untuk anak laki-laki itu sama dengan anak perempuan, yaitu dengan menyembelih satu ekor kambing saja.

Baca Juga: 3 Mitos Tentang Perawatan Bayi Baru Lahir yang Menyesatkan

Perbedaan Pendapat

Ulama yang bermahdzab Syafi’iyah dan juga Hambali mengemukakan bahwa disunnahkan untuk mengaqiqahkan anak laki-laki dengan menyembelih dua ekor kambing dan anak perempuan dengan menyembelih satu ekor saja. Tetapi boleh juga mengaqiqahkan anak dengan satu ekor kambing sebab terdapat hadist tentang itu dari Ibnu Abbas yang menyampaikan demikian. Sedangkan para ulama yang bermahdzab Hanafiyah dan Malikiyah memiliki pendapat bahwa anak laki-laki maupun perempuan itu sama, yaitu dengan menyembelih satu ekor kambing saja. Dan ini karena pada masa itu Ibnu Umar pernah melakukan hal tersebut.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek