June 22, 2021

7 Mitos Tentang Perawatan Bayi Baru Lahir yang Menyesatkan

Jasa Aqiqah Jakarta - Seorang ibu yang baru saja melahirkan bayi biasanya rentan terkena sindrom baby blues. Tahukah Anda penyebabnya? Terkadang pemicunya hanya hal sepele seperti aturan dalam merawat bayi yang baru lahir. Maklum saja, karena banyaknya mitos yang dipercayai oleh masyarakat kita terkait dengan cara mengasuh anak.

Misalnya yang paling populer itu adalah saat baru selesai melahirkan, sang ibu tidak diperbolehkan duduk bersila atau minum es. Katanya kalau minum es bisa membuat ASI menjadi dingin dan akhirnya bayi bisa pilek saat meminumnya. Sudah terdengar familiar, bukan?

Selain mitos yang berisi berbagai larangan untuk sang ibu, ternyata ketika menidurkan, memandikan, hingga memilih pakaian untuk si kecil pun tidak kalah ribetnya. Seperti beberapa mitos yang akan coba kita amati dan luruskan bersama-sama berikut ini.

1. Dilarang Potong Kuku Bayi Sebelum Usia 40 Hari

Faktanya adalah ternyata sejak bayi baru lahir sudah boleh dipotong kukunya. Karena beberapa bayi terlahir dengan kuku panjang dan masih lentur. Namun, hanya dalam hitungan hari kuku si kecil itu akan menjadi keras dan tentu bisa melukai kulit lembut mereka.

Sang ibu bisa melakukan pemotongan kuku bayi yang baru lahir dengan mengelupas secara lembut pada ujung-ujung kukunya menggunakan jari sang ibu. Dan ketika bayi sudah tumbuh lebih besar, Anda bisa menggunakan gunting kuku khusus untuk bayi yang ujung bundar. Anda juga harus memilih gunting kuku yang memiliki penghalus.

2. Pusar yang Bodong Harus Ditempeli Koin

Yang sebenarnya adalah otot pada dinding perut bayi masih lemah. Sehingga ketika si kecil menangis akan membuat perut serta pusarnya jadi menonjol. Tetapi jangan panik dulu dan menganggap pusar bayi bisa menjadi bodong. Dilarang menempatkan koin pada busa bayi, karena hal ini bisa membuat perut bayi terkena infeksi.

Para ahli kesehatan anak menjelaskan bahwa menutup pusar bayi tidak menjamin dapat mencegah pusar bodong. Dewasa ini, mayoritas orang tua tetap menutup pusar dari bayi yang baru lahir. Namun sebaiknya menggunakan plester saja. Penggunaan koin juga masih diperbolehkan, tetapi lakukan dengan membungkus koin menggunakan kain kasa. Hal ini dimaksudkan agar koin tidak menyentuh pusar bayi secara langsung.

Baca Juga: Kriteria Kambing Syariah yang Disediakan Jasa Aqiqah Jakarta Terpercaya

3. Si Kecil Harus Dibedong dengan Kencang Agar Kaki Lurus

Pada nyatanya, tidak ada hubungan antara membedong bayi dengan pembentukan pada tulang kaki. Banyak ibu yang bercerita bahwa mereka kerap ditegur oleh dokter spesialis anak ketika sang ibu membedong si kecil dengan kencang. Karena pada kenyataannya, semua kaki bayi memanglah bengkok setelah lahir atau masa-masa awal kehidupannya. Hal ini terkait erat dengan posisi bayi dalam rahim sang ibu. Dan seiring menguatnya tulang-tulang pada tubuh mereka, maka kaki akan semakin menguat dan lurus dengan sendirinya.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek