April 22, 2021

Tips Memberikan Nama Si Kecil Kesayangan Sesuai Sunnah

Tips Memberikan Nama Si Kecil Kesayangan Sesuai Sunnah

Jasa Aqiqah Jakarta - Setiap anak yang dilahirkan ke dunia pastinya para orang tua mengharapkan mereka untuk memiliki hidup yang baik, sejahtera dan juga sehat. Harapan tersebut disampaikan melalui doa yang salah satunya lewat nama anak tersebut. Oleh sebab itu, para orang tua tersebut biasanya berlomba dalam memberikan nama anak dengan arti yang baik tentunya. Dalam islam, ada beberapa cara ketika memberikan nama anak. Dan tentunya ini sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW agar memiliki masa depan yang cerah. Berikut ini adalah beberapa cara yang baik untuk memberikan nama anak sesuai dengan sunnah.

1. Perhatikan Waktu yang Tepat Saat Memberi Nama

Dalam sebuah hadist dari Abu Musa yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, di dalamnya adalah tentang memberi nama kepada anak. Maksud dari hadist tersebut adalah Nabi Muhammad SAW memberikan nama kepada anak segera setelah si kecil terlahir ke dunia. Beberapa pendapat lain menyampaikan bahwa waktu yang baik untuk memberi nama kepada bayi Anda adalah segera setelah lahir. Antara hari ke-3 hingga hari ke-7 setelah dia lahir. Atau berbarengan dengan melaksanakan aqiqah sebagai bentuk sunnah di hari ke-7 serta memberikan nama. Dan untuk keperluan aqiqah ini Anda bisa menghubungi Rizki Aqiqah jasa aqiqah Jakarta terbaik.

2. Memberi Nama yang Baik Kepada Anak

Nama bagi anak akan menjadi doa dan harapan kelak bagi anak tersebut ketika dia dewasa nanti. Oleh karena itu, sangat penting memberikan nama dengan makna yang untuk anak. Anda sebagai orang tua bisa mengambil kata dari Al-Qur’an yang memiliki arti sesuai dengan harapan yang Anda capai untuk anak Anda.

3. Tidak Memakai Nama yang Tidak Disukai Allah SWT

Tips berikutnya adalah jangan memberi nama yang nama-nama tersebut tidak disukai oleh Allah SWT. Nama yang misalnya berdasarkan nama para dewa, berhala dan nama yang memuja sesuatu kepada selain Allah. Selain itu, dengan memberikan nama yang akan membuat perselisihan diantara saudara pun makruh hukumnya. Maksudnya adalah jika nama tersebut memiliki potensi menjadi bahan olokan bagi anak di masa depannya nanti.

4. Memakai Nama Nabi atau Rasul serta Asmaul Husna

Salah satu nama yang terbaik untuk dipakai adalah nama dari sifat Allah SWT atau biasa kita kenal dengan Asmaul Husna atau memakai nama-nama dari Nabi atau Rasul terdahulu. Tetapi, ada satu catatan ketika menggunakan nama dari Asmaul Husna yaitu jika sifat itu hanya dipunyai oleh Allah SWT saja. Misalnya Al-Khalik (Maha Pencipta), Ar-Raziq (Maha Permberi Rizeki), Ar-Rabb (Maha Pemelihara), atau yang serupa dengannya.

Berbeda halnya jika kita memakai nama Nabi atau Rasul, anak yang namanya transpirasi dari sosok-sosok teladan tersebut diharapkan mengikuti jejak dan kepribadian mereka yang baik. Oleh karena itu, nama Rasulullah SAW yaitu Muhammad serta nama Nabi yang lain seperti Musa atau Ismail sangat umum digunakan banyak orang tua sebagai nama bayi.

5. Tidak Memberinya Nama dengan Arti yang Buruk

Ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim bahwa Rasul SAW pernah bersabda yang didalamnya tentu memiliki sebuah maksud. Maksud dari hadist tersebut adalah dalam memilih nama untuk anak harus benar-benar dipastikan artinya, makna serta tujuannya menurut Islam. Kita harus menghindari nama yang memiliki arti buruk dan dampak yang kurang baik di kehidupannya nanti.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek