May 22, 2021

Supaya Berkah, Inilah Adab Memberi Nama untuk Si Kecil

Jasa Aqiqah Jakarta - Nama itu adalah doa. Anda sebagai orang tua tentunya setuju dengan ungkapan ini. Karena itu, para orang tua pastinya tidak mau sembarang saat memberikan nama untuk si kecil. Setiap orang tua pasti akan berusaha memilih nama yang terbaik untuk sang buah hati, karena di dalam nama yang diberikan, ada doa mereka untuk anak di masa depannya. Belum lagi, nama mereka ini akan menjadi identitas khusus yang terus melekat untuk anak di seumur hidupnya.

Di dalam agama Islam ada aturan tersendiri dalam memberikan nama anak dengan sebaik mungkin. Dan tentu ini sesuai dengan tuntunan atau syariat serta anjuran dari Rasulullah SAW. Hal ini supaya nama yang diberikan ini dapat membawa berkah tersendiri dan akan menjadi yang terbaik bagi si kecil. Lantas bagaimana adab atau cara yang terbaik dalam memberikan nama untuk anak dalam Islam?

1. Nama Menjadi Hak Ayah

Dalam agama Islam, ayah memiliki peran yang sangat penting. Salah satunya adalah hak dalam memberikan nama kepada anak. Hal ini sesuai dengan Hadist Riwayah Ibnu Najjar, bahwa anak-anak memiliki 3 jenis hak atas ayah mereka. Yang pertama adalah nama yang baik, kemudian pendidikan yang baik dan yang terakhir adalah mereka dibantu untuk memilih pasangan yang baik.

2. Garis Keturunan Anak itu Berasal dari Sang Ayah

Garis keturunan di dalam agama Islam itu biasa dipahami orang dengan sebutan nasab dan garis keturunan seorang anak itu berasal dari ayahnya. Wajib untuk anak memiliki nama bin (untuk laki-laki) atau binti (untuk perempuan) kemudian diikuti nama ayahnya. Hal ini tetap berlaku selamanya meski sang ayah telah meninggal, bercerai dari ibunya, atau tidak ikut membesarkan anak. Hal tersebut karena di akhirat nanti, Allah akan memanggil nama setiap umat muslim diikuti dengan nama ayah di belakangnya.

Baca Juga: Prosesi Aqiqah Melalui Jasa Aqiqah Jakarta, Bagaimana Hukumnya?

3. Memberi Nama Anak dengan Mengambilnya dari Asmaul Husna

Seperti yang sudah kita bahas di atas, nama adalah sebuah doa dan harapan dari kedua orang tua untuk anaknya. Oleh sebab itu, para orang tua diwajibkan memberi nama yang baik untuk sang anak. Sebelum memberi nama kepada anak dan akan lebih jika para orang tua mencari tahu lebih dulu tentang nama-nama dari Allah SWT atau asmaul Huna.

Para orang tua bisa menyisipkan nama-nama yang diambil dari Asmaul Husna sebagai bentuk pengingat dan untuk sang anak lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Atau Anda sebagai orang tua juga bisa menyematkan nama dari para nabi dengan harapan supaya sang anak memiliki sifat baik seperti para nabi yang dipakai namanya untuk anak tersebut.

Dan untuk anak perempuan, Anda sebagai orang tua bisa memberikan sang anak untuk nama yang diambil dari nama tokoh wanita muslim yang ada dalam kisah-kisah di Al-Qur’an. Misalnya saja nama-nama para istri Nabi atau sahabat Rasulullah SAW.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek