December 28, 2021

Serangkaian Do’a untuk Aqiqah yang Harus Diketahui

Aqiqah Jakarta - Aqiqah adalah salah satu sunnah Rasul yang dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan dalam menyambut kelahiran anak. Anjuran pelaksanaan aqiqah telah disebutkan didalam hadits riwayat Abu Dawud nomor 1552. Dalam hadist tersebut disebutkan bahwa seorang anak tergadaikan dengan (tebusan) aqiqah yang disembelih untuknya pada hari ke-7, dicukur rambut kepalanya dan juga diberi nama.

Mengenai kriteria hewan untuk aqiqah mempunyai kriteria yang sama dengan hewan untuk kurban. Sedangkan ketentuan umumnya, untuk bayi perempuan dianjurkan menyembelih satu ekor kambing atau domba. Sedangkan, untuk anak atau bayi laki-laki, dianjurkan untuk menyembelih dengan dua ekor kambing atau domba.

Berikut syarat-syarat pemilihan hewan aqiah yang perlu diperhatikan:

  1. Hewan yang disembelih harus sehat jasmaninya (tidak tidak boleh cacat)
  2. Boleh menggunakan hewan jantan maupun betina
  3. Bukan merupakan hewan hasil curian
  4. Jika menggunakan kambing, maka minimal usianya harus 1 tahun atau memasuki tahun ke-2.
  5. Jika menyembelih Domba, maka usia minimalnya adalah 6 bulan atau yang telah memasuki tahun ke-7.

Dalam pelaksanaan aqiqah, membaca do’a menjadi salah satu tata cara aqiqah yang perlu diketahui oleh para orang tua. Terdapat serangkaian doa aqiqah yang perlu dibaca oleh mereka. Diantaranya adalah do’a aqiqah mulai dari prosesi menyembelih hewan kurban, mencukur rambut bayi, bahakan terdapat pula doa walimah al-Aqiqah.

Berikut beberapa rangkaian do’a aqiqah yang telah di kutip dari islam.nu.or.id. Doa-doa berikut ini bisa dibacakan sesuai dengan runtutan acara pelaksanaan aqiqah.

1.    Doa Saat Menyembelih Hewan Aqiqah

Berikut doa aqiqah yang bisa dibaca saat menyembelih hewan untuk aqiqah:

"Bismillah, Allahu Akbar, Allahumma minka wa laka, hadzihi 'aqiqatu Fulan/Fulanah (nama yang disembelih)."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini adalah aqiqah 'Fulan' (nama anak disebutkan)."

Baca Juga: Perhatikan Tips Memilih Paket Nasi Box untuk Acara Aqiqah Ini!

2.    Doa Saat Mencukur Rambut Bayi

Berikut bacaan latin doa yang perlu dibaca saat mencukur rambut bayi:

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil'alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari, Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati Rasulullahi Shallallahu'alaihi wassalam walhamdulillahi Rabbil 'alamin.

Yang artinya adalah:

Dengan menyebut Nama ALlah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala Puji bagi Allah, Tuhan Semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari, dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasullullah SAW, dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.

3.    Doa Saat Meniup Ubun-Ubun Bayi Setelah Ia Dicukur

Berikut doa yang perlu dibaca saat meniup ubun-ubun bayi sesudah ia dicukur:

Allahumma inni u'idzuha bika wa dzurriyyataha minasy syaithanir rajim.

Yang artinya adalah:

Ya Allah, sesungguhnya saya memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.

Itulah beberapa do’a yang perlu dibaca saat pelaksanaan aqiqah. Selain itu terdapat pula do’a walimah aqiqah yang perlu dibaca. Untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah.Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah. Selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek