July 6, 2021

Perbedaan Tongseng, Tengkleng dan Gule Menurut Jasa Aqiqah Jakarta

Jasa Aqiqah Jakarta - Saat musim penghujan atau setidaknya akan musim hujan seperti sekarang, makan makanan olahan dari daging kambing yang gurih dengan bumbu yang pas seperti tongseng, tengkleng atau gulai tentu sangat nikmat. Belum lagi jika masakan tersebut dibuat dengan rasa pedas yang sangat pas. Disantap dengan nasi putih dan taburan bawang, rasanya pasti akan sangat sulit untuk ditolak.

Untuk Anda yang menyukai masakan olahan kambing seperti tongseng, tengkleng atau gulai perlu tahu perbedaan dari ketiganya. Meskipun sama-sama menggunakan bahan dasar dari daging kambing, olahan memiliki perbedaan yang ternyata sangat signifikan. Jadi sebelum Anda pergi ke Jawa untuk berwisata misalnya, lalu memesan olahan daging kambing, jangan sampai salah pesan ya.

Untuk Anda yang sudah penasaran, berikut ini adalah perbedaan tongseng, tengkleng, dan gulai menurut Rizki jasa aqiqah Jakarta.

Tongseng

Tongseng adalah salah satu jenis masakan dari Jawa yang menggunakan bahan dasar kambing dipotong dalam bentuk dadu atau kotak lebar. Bahan masakan atau bumbu utama untuk tongseng pada umumnya adalah bawang putih, bawang merah, merica, tomat dan juga bumbu lain. Tongseng ini dimasak dengan cara ditumis dan beberapa orang juga menambahkannya dengan kecap di dalam masakannya. Hal ini dilakukan supaya rasa dari daging kambing ini semakin terasa sedap dan nikmat. Umumnya tongseng ini tidak menggunakan bahan perasan kelapa atau biasa kita kenal sebagai santan.

Tengkleng

Tengkleng adalah masakan dengan bahan dasar daging kambing yang menggunakan bahan utama santan serta bumbu yang berani seperti gulai atau gule. Pada umumnya daging kambing yang digunakan adalah daging yang masih melekat pada tulang-tulang dari kambing tersebut. Lebih lanjut lagi, bagian tubuh dari kambing yang paling sering digunakan untuk hidangan tengkleng ini adalah bagian iga serta tulang belakang.

Baca Juga: Kiat Secara Syar’i Dalam Menjaga Bayi dari Gangguan Jin

Gule atau Gulai

Pada dasarnya, gule atau gulai ini menggunakan bahan dasar jeroan kambing seperti babat, usus, paru dan lain sebagainya. Bumbu yang digunakan sebagai bahan utama gule ini juga mirip dengan bumbu yang digunakan untuk memasang tengkleng. Jika dibandingkan dengan tongseng maupun tengkleng, rasa olahan gule ini lebih gurih dan juga lebih pekat atau kuat rasanya, ini karena kandungan santan yang digunakan cukup banyak untuk memasak gula. Gule atau gulai ini pada umumnya berwarna kuning sebab menggunakan rempah berupa kunyit, kemiri dan juga sejenisnya.

Itulah perbedaan utama dari tongseng, tengkleng dan juga gule. Tetapi jika kita membahas tentang aqiqah, yang paling banyak diminta oleh banyak orang biasanya adalah sate kambing, gulai kambing, dan juga tongseng kambing. Semua itu kembali kepada pilihan masing-masing kepada Anda sebagai orang tua yang ingin menyelenggarakan aqiqah. Anda bebas menentukan pilihan atau request menu pilihan yang ingin Anda sajikan.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek