May 20, 2021

Lakukan Sunnah Rasulullah Ini dalam Menyambut Kelahiran Anak

Jasa Aqiqah Jakarta - Hadirnya anggota yang baru dalam sebuah keluarga tentu akan menjadi sumber kebahagiaan bagi orang tua dan orang-orang di sekitarnya. Setiap anak akan menjadi tumpuan untuk harapan serta doa dari orang tuanya supaya tumbuh menjadi seseorang yang saleh dan saleha.

Di dalam agama Islam, ketika bayi baru lahir tentunya membutuhkan penanganan yang tepat serta perhatian secara khusus. Karena hal ini bisa saja hal tersebut akan memberikan pengaruh yang besar saat si bayi ini akan tumbuh besar. Dan karena hal itu tentu menjadi sebuah kewajiban bagi tiap orang tua muslim manapun untuk mengetahui apa saja yang harus dilaksanakan terlebih di saat menyambut kelahiran si kecil.

Ada beberapa jenis sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika menyambut kelahiran sang anak. Dan berikut ini adalah beberapa sunnah Rasul SAW yang diambil dari beberapa sumber serta dalil yang sahih diantaranya:

Mentahnik Bayi Baru Lahir dengan Kurma

Di zaman sekarang ini, tidak banyak orang tua yang paham bahwa tahnik itu adalah sunnah Nabi yang betul-betul dianjurkan ketika bayi baru lahir. Proses tahnik ini dilakukan dengan memasukkan kurma yang telah dikunyah sebelumnya ke dalam mulut sang bayi yang baru lahir ini. Dan kemudian menggosokkannya secara lembut pada langit-langit mulut pada bayi hingga sampai ke semua bagian dari mulut anak tersebut terolesi dengan sari dari buah kurma.

Pasti akan muncul pertanyaan di benak Anda, apakah melakukan hal semacam ini aman untuk bayi yang baru lahir? Bayi yang lahir terutama bagi bayi yang lahir secara prematur atau bayi yang lahir dengan berat badan kurang, memiliki kandungan glukosa yang sangat kecil dalam darahnya. Menurut ilmu kedokteran, umumnya memiliki jumlah kandungan di bawah 30mg per 100 ml darah. Bisa dikatakan ketika kekurangan zat gula dan tidak segera terpenuhi, biasanya bayi akan mudah menolak minum ASI dari ibunya, otot-ototnya akan lemas, mengalami gangguan syaraf dan bahkan berujung pada kematian. Pada umumnya dokter akan memberikan tambahan zat gula ini melalui infus atau langsung melalui mulutnya.

Dan buah kurma ini adalah salah satu penghasil glukosa yang sangat baik dan bagus bagi kesehatan bayi. Mentahnik bayi dengan buah kurma bisa memperkuat otot-otot pada mulut sang bayi. Sehingga bayi akan kuat menyusu ASI pada ibunya. Dan saat sang bayi kuat menyusu, maka ASI akan menjadi lebih lancar dan juga melimpah, insya Allah.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Jasa Aqiqah Jakarta Semakin Difavoritkan

Aqiqah dan Mencukur Rambut Sang Bayi

Dalam agama Islam juga mensyariatkan untuk melakukan aqiqah bagi bayi yang baru dilahirkan. Hal ini dilakukan sebagai sebuah bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT berupa menerima kelahiran anak. Untuk hal ini, para ulama berbeda pendapat dalam memberikan hukum atas aqiqah, apakah ini sunnah ataukah wajib. Tetapi, sebagian besar ulama memberikan pendapat berdasarkan hadist Nabi SAW bahwa hukum aqiqah untuk bayi yang baru lahir itu adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek