December 8, 2021

Kriteria Kambing yang Harus Dipenuhi untuk Aqiqah

Paket Nasi Box Jakarta - Aqiqah merupakan salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran sang buah hati didalam sebuah keluarga. Acara tersebut dilaksanakan dengan menyembelih hewan ternak, seperti kambing ataupun domba.

Waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan ibadah yang satu ini adalah pada pada hari ke 7 kelahiran sang buah hati. Selain pada hari ke – 7, aqiqah juga bisa dilaksanakan pada hari ke 14 atau ke 21 kelahiran anak. Namun jika pada hari – hari tersebut orang tua belum mampu melaksanakannya, maka aqiqah bisa dilaksanakan setelah usia sang anak lebih dari 40 hari atau kapan pun saat orang tua sudah mampu melaksanakannya.

Kambing yang telah disembelih kemudian diolah untuk dibagikan ke lingkungan sekitar (sanak saudara, tetangga dan jug afakir miskin). Selain sebagai bentuk rasa syukur, aqiqah juga menjadi bentuk penebusan supaya bayi terlepas dari godaan syetan maupun jin.

Seperti yang tercantum pada Hadits Riwayat Bukhari yang berbunyi:

“Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.”

Syarat Kambing untuk Aqiqah

Pemilihan kambing yang digunakan untuk aqiqah pun juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa syarat dan juga ketentuan supaya hewan tersebut layak digunakan untuk melaksanakan proses aqiqah. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi:

Usia Kambing Minimal 1 Tahun

Usia hewan ternak juga menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam melaksanakan aqiqah. Kambing yang akan disembelih harus cukup umur atau setidaknya berusia minimal 1 tahun.

Sehat atau Tidak Cacat

Tidak ada ketentuan tentang jenis kelamin hewan yang akan disembelih. Tapi, yang perlu dipastikan adalah kambing aqiqah harus dalam keadaan yang sehat serta terbebas dari cacat. Cacat yang dimaksud disini seperti: pincang, buta, terlalu kurus sampai tidak mempunyai sumsum tulang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Dalam Memilih Jasa Paket Aqiqah Jakarta Online

Jumlah Kambing yang Disembelih

Jumlah kambing yang disembelih untuk acara aqiqah ditentukan berdasarkan dengan jenis kelamin bayi. Untuk bayi laki-laki dianjurkan menyembelih 2 ekor kambing, sedangkan untuk bayi perempuan satu ekor kambing. Hal tersebut sesuai dengan Hadits Riwayat Abu Dawud, Nasa’I, Ahmad yang berbunyi:

“Barangsiapa diantara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.”

Namun apabila hanya mampu menyembelih satu ekor kambing untuk aqiqah anak laki – laki, hal tersebut juga tetap diperbolehkan.

Diolah dan Dibagikan

Setelah kambing disembelih, daging kambing dianjurkan untuk diolah atau dimasak terlebih dahulu menjadi hidangan yang siap untuk disantap. Apabila hidangan sudah siap, maka bisa dibagikan kepada kerabat maupun tetangga.

Untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah. Selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person paket nasi box Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek