November 22, 2021

Jangan Tunda Lagi, Ini Dia Tujuan dan Hikmah Melaksanakan Aqiqah

Aqiqah Jakarta - Saat Allah SWT memberikan perintah kepada hambanya untuk melakukan ibadah, pasti ada manfaat dan hikmah yang besar dibaliknya. Bahkan terdapat hikmah yang besar dalam penciptaan makhluk yang paling kecil pun di dunia ini. Begitu pula dengan tujuan akikah untuk menyembelih hewan ketika kelahiran anak, tentu aqiqah memiliki banyak hikmah dan manfaat.

Aqiqah mempunyai beberapa hikmah, menurut Syekh Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, hikmah aqiqah tersebut diantaranya:

1.    Melaksanakan sunnah nabi

Dengan melaksanakan aqiqah, berarti kita telah melaksanakan sunah Nabi Muhammad SAW. Kita juga meneladani apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS, ketika Allah SWT menebus Ismail AS, putra Nabi Ibrahim.

2.    Memberikan unsur perlindungan dari setan yang bisa mengganggu anak yang terlahir

Hal tersebut sesuai dengan makna hadis, yang memiliki arti, "Setiap anak itu tergadai dengan akikahnya." Sehingga, anak yang telah ditunaikan akikahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan setan yang sering mengganggu anak-anak. Dari Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah "bahwa lepasnya dia dari setan tergadai oleh akikahnya".

3.    Memberikan syafaat pada orang tua

Aqiqah menjadi bentuk tebusan bagi anak dalam memberikan syafaat untuk kedua orang tuanya kelak di hari akhir.  Hal ini sesuai dengan Imam Ahmad yang mengatakan, "Dia tergadai dari memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan akikahnya)."

4.    Mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai bentuk rasa syukur

Aqiqah menjadi salah satu bentuk pendekatan diri terhadap Allah SWT. disamping itu, hal tersebut juga menjadi wujud rasa syukur atas karunia yang telah dianugerahkan Allah SWT dengan kelahiran sang anak dalam kehidupan keluarganya. Aqiqah juga menjadi sarana untuk menunjukkan rasa gembira didalam melaksanakan syariat Islam serta bertambahnya keturunan mukmin yang bisa memperbanyak jumlah umat Rasulullah SAW di hari kiamat kelak.

5.    Memperkuat ukhuwah (persaudaraan)

Hikmah melaksanakan aqiqah berikutnya adalah bisa memperkuat ukhuwah (persaudaraan) dalam masyarakat.

6.    Realisasi prinsip-prinsip keadilan sosial

Aqiqah juga bisa dijadikan sebagai sarana dalam merealisasikan prinsip-prinsip keadilan sosial serta menghapuskan gejala kemiskinan yang terjadi di masyarakat. Contohya, dengan adanya daging yang dibagikan kepada fakir miskin.

Selain itu, aqiqah juga bermanfaat dalam mendidik anak agar bisa menjadi hamba yang dekat dengan Allah SWT. Sebab, aqiqah itu sendiri merupakan tindakan berkurban. Namun perbedaan dengan qurab (kurban) di hari Idul Adha terletak di syariatnya. Binatang yang disyariatkan dalam pelaksanaan aqiqah adalah kambing. bagi anak laki-laki, sebaiknya menyembelih 2 ekor kambing, sementara itu bagi anak perempuan adalah 1 ekor.

Jika Anda ingin melaksanakan aqiqah untuk si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakan keperluan aqiqah Anda kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah merupakan penyedia jasa paket aqiqah yang mempunyai spesialisasi dalam bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah. Disamping itu, Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Selain itu, mereka juga mempunyai tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizk iAqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek