May 7, 2021

Inilah Perbedaan Antara Qurban dan Aqiqah

Jasa Aqiqah Jakarta - Ketika hari raya qurban atau hari raya Idul Adha menjelang, pasti akan ada sebuah pertanyaan dari beberapa orang. Khususnya ketika ada seseorang yang belum diaqiqahkan oleh orang tuanya akan memberikan pertanyaan: “beraqiqah untuk dirinya sendiri atau menyembelih hewan untuk qurban?”

Pada umumnya, baik qurban maupun aqiqah itu dikerjakan dengan cara yang sama yaitu menyembelih hewan. Tetapi, khusus untuk aqiqah, pada awalnya ditekankan untuk orang tua yang mnerima anugerah berupa bayi atau anak yang lahir ke dunia. Khususnya pada waktu anak tersebut lahir di hari ke-7. Namun, tidak hanya selepas hari ke-7 tetapi juga diberikan kelonggaran pelaksanaannya hingga sebelum anak tersebut sampai di usia baligh.

Bagi anak yang belum diaqiqahkan hingga dia sampai di usia balighnya, sunnah aqiqah akan jatuh pada dirinya sendiri. Oleh sebab itu, anak yang sudah dewasa atau sudah akil baligh tetap dianjurkan untuk mengaqiqahkan dirinya sendiri. Lantas bagaimana jika dia ingin berqurban tetapi belum pernah diaqiqahkan?

Syariat untuk Qurban dan Aqiqah

Untuk umat Nabi Muhammad SAW, menyembelih hewan untuk qurban atau berqurban di saat hari raya Idul Adha dan khususnya pada tiga hari tasyrik hukumnya adalah sunnah muakkad atau sunnah yang benar-benar dianjurkan. Perintah qurban ini juga terdapat di dalam Al Quran yaitu dalam surat Al-Kautsar. Ketentuan qurban sebagai satu bentuk ibadah sunnah muakkad ini dikukuhkan oleh pendapat dari Imam Maliki dan juga Imam Syafi’i.

Sedangkan untuk hukum aqiqah juga sunnah muakkad, tetapi menjadi wajib hal ini dinazarkan oleh orang tua setelah mendapatkan anak yang lahir. Dan untuk syariat aqiqah ini adalah untuk menyambut kelahiran bayi ke dunia yang berdasarkan hadist sebagai berikut:

"Anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, diberi nama dan dicukur rambut kepalanya" (H.R. Tirmidzi)

Baca Juga: Mengapa Menggunakan Jasa Aqiqah Jakarta Bersama Rizqi Aqiqah?

Jenis Hewan untuk Qurban dan Aqiqah

Meskipun sama-sama disyariatkan untuk menyembelih hewan, tidak semua hewan qurban boleh dijadikan untuk hewan aqiqah. Untuk qurban, hewan yang disyariatkan untuk diqurbankan adalah kambing, sapi, domba, unta, dan kerbau.

Hewan ternak yang akan diqurbankan harus mencapai usia minimal yang sudah diatur dalam syariat Islam. Untuk di negara kita khususnya, yang paling umum adalah hewan kambing atau domba dan sapi atau kerbau. Untuk sapi atau kerbau minimal berusia dua tahun lebih atau bisa dikatakan memasuki usia di tahun ketiga.

Sedangkan untuk kambing jenis domba wajib berusia minimal enam bulan jika yang berusia satu tahun sulit untuk ditemukan. Dan untuk kambing biasa atau kambing Jawa misalnya, minimal berusia satu tahun atau telah masuk ke tahun kedua usianya. Selain itu, hewan ternak harus harus sehat dan tidak dalam kondisi yang sakit atau cacat.

Dan untuk aqiqah, hewan yang disembelih itu adalah hanya kambing. Untuk persyaratannya sama dengan hewan untuk qurban di atas. Untuk mengetahui berapa usia kambing yang Anda pilih, cukup Anda lihat apakah kambing tersebut sudah berganti gigi atau belum. Apabila sudah, maka kambing tersebut layak untuk disembelih sebagai hewan aqiqah.

Waktu Penyembelihan

Perbedaan yang sangat jelas berikutnya adalah waktu atau saat penyembelihannya. Aqiqah disunnahkan untuk dilaksanakan terutama di hari ke-7 selepas anak lahir atau di waktu yang lain. Sedangkan ibadah qurban dikerjakan 1 tahun sekali pada tanggal 10, 11, 12 dan 13 di bulan Dzulhijah.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek