December 22, 2021

Ingin Mengadakan Acara Aqiqah untuk Si Kecil? Ini Dia Tujuan dan Keutamaan Aqiqah yang Perlu Diketahui

Paket Nasi Box Jakarta - Aqiqah menjadi salah satu bentuk syukur terhadap anugerah yang diberikan oleh Allah SWT atas kelahiran seorang anak dalam sebuah keluarga. Ibadah yang satu ini dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ke-7, ke-14, ataupun ke-21 setelah kelahiran bayi. Namun, apabila dalam waktu tersebut orangtua belum mampu melaksanakannya, maka bisa diganti pada hari lain. Untuk anak laki-laki, dalam pelaksanaan aqiqah dianjurkan  untuk menyembelih dua ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan menggunakan satu ekor kambing saja.

Setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, tentu tidak akan terlepas dari manfaat dan juga hikmah yang besar yang akan didapatkan oleh umat manusia. Tujuan dari pelaksanaan aqiqah tidak melulu  terbatas pada acara “pesta makan” semata. Namun, lebih dari itu pada hakikat dari tujuan aqiqah memang lebih luas daripada sekedar definisi pesta makan saja.

Didalam buku “Tarbiyatul Aulad Fil Islam”Berdasarkan, Syekh Abdullah Nasihih Ulwan menerangkan bahwa tujuan aqiqah diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW didalam meneladani Nabi Ibrahim AS saat ia menebus putranya, Ismail AS.
  2. Didalam pelaksanaan aqiqah, terdapat bagian perlindungan dari godaan setan yang dapat mengganggu anak yang telah  lahir tersebut. Tujuan ini tentu sesuai dengan maksud dari hadits berikut : "Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, maka hendaklah disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya), dicukur rambutnya dan diberi nama." (HR. Ibnu Majah)
  3. Aqiqah juga dilaksanakan dengan tujuan sebagai tebusan untuk anak supaya menyerahkan syafaat untuk  kedua orang tuanya nanti pada hari akhir. Hal tersebut sesuai dengan yang diutarakan oleh Imam Ahmad, “Dia tergadai dari menyerahkan  syafaat untuk  kedua orangtuanya (dengan aqiqahnya).”
  4. Aqiqah juga dilaksanakan sebagai bentuk pendekatan diri terhadap Allah dan juga  sebagai wujud rasa syukur terhadap karunia yang diberikan oleh  Allah untuk  kita melalui kelahiran sang anak.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Tentang Bayi Baru Lahir yang Perlu Orang Tua Ketahui

  1. Aqiqah dapat memperkuat ukhuwah / persaudaraan antara warga masyarakat.
  2. Aqiqah juga bisa dijadikan sebagai sarana guna menerapkan prinsip keadilan sosial serta menghapuskan gejela kemiskinan yang terjadi di dalam masyarakat. Dalam aqiqah, tentu kita akan membagikan masakan aqiqah kepada fakir miskin dan juga dhuafa.
  3. Aqiqah dilaksanakan sebagai sarana untuk menunjukkan rasa gembira didalam mengemban syariat Islam dalam meningkatnya keturunan mukmin. Dimana kelahiran mukmin tersebut tentu dapat menggandakan  umat Rasulullah SAW di hari akhir nanti.

Itulah beberapa tujuan dan hikmah melaksanakan ibadah aqiqah yang perlu Anda ketahui. Untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah. Selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa paket nasi box Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek