August 27, 2021

Ibu Hamil Harus Perhatikan Hal-Hal yang Dilarang Dalam Ajaran Islam Berikut

Jasa Aqiqah Jakarta - Setiap ibu yang sedang menjalani kehamilan tentu menginginkan kondisi bayi dalam kandungannya selalu sehat hingga proses persalinan. Ibu hamil akan menjaga kehamilannya dengan baik dan mengikuti saran-saran yang disampaikan oleh dokter atau bidan. Namun, ibu hamil juga perlu memperhatikan hal-hal seputar kehamilan dalam ajaran agama Islam. Dimana Islam memiliki aturan-aturan yang diperuntukkan bagi ibu hamil agar bayi selalu dalam keadaan sehat dan kelak tumbuh menjadi anak shalih dan shalihah.

Dalam Islam, memberikan pendidikan pada anak dimulai sejak dalam kandungan. Dalam hal ini, ibu hamil perlu untuk mengajarkan si kecil tentang Islam dan ajaran-ajarannya. Sehingga, selama masa kehamilan ibu hamil harus memperhatikan dengan baik ketentuan dalam ajaran Islam. Aturan-aturan dan ketentuan yang telah tercatat dalam Al-Quran maupun hadis selama kehamilan perlu diketahui dengan baik oleh ibu hamil. Berikut ini hal-hal yang tidak diperbolehkan atau dilarang dalam Islam selama kehamilan.

1.    Meninggalkan Shalat Wajib

Sebenarnya shalat lima waktu atau shalat wajib tetap diwajibkan untuk setiap umat muslim. Untuk itu, ibu hamil juga tetap memiliki kewajiban dalam mendirikan shalat wajib tepat waktu. Seperti yang diketahui, selama masa kehamilan ibu hamil mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Tidak jarang ibu hamil merasa lemas, letih ataupun susah berdiri. Meski begitu, ibu hamil tidak boleh meninggalkan shalat wajib, selain menjadi kewajiban umat muslim, ini akan mendidik anak untuk mengenal ajaran Islam.

Islam juga telah meringankan aturan shalat bagi mereka yang tidak mampu secara fisik seperti untuk berdiri. Bagi mereka yang tidak mampu berdiri termasuk ibu hamil, tetap bisa melaksanakan shalat wajib dengan duduk ataupun berbaring. Sebaiknya, ibu hamil jangan meninggalkan ibadah shalat wajib. Nabi Muhammad saw juga pernah bersabda dalam sebuah hadits yaitu:

Shalatlah sambil berdiri, jika kamu tidak mampu sambil duduk, dan jika kamu tidak mampu, sambil berbaring miring." (HR. Bukhari)

2.    Mengkonsumsi Makanan Haram

Mengkonsumsi makanan haram sangat dilarang bagi umat Islam, termasuk ibu hamil. Ini adalah pantangan bagi ibu hamil dalam Islam. Ibu hamil harus menjaga pola makan termasuk jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi selama kehamilan.  Tujuannya adalah mendapatkan berkah dari makanan yang dikonsumsi. Sehingga bayi yang ada di dalam kandungan bisa tumbuh sehat dan menjadi berkah untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

Baca Juga: Hendak Melaksanakan Aqiqah, Pilih Jasa Aqiqah Jakarta

3.    Durhaka Pada Suami

Sebaiknya Ibu hamil juga menghindari bertengkar dengan suami, karena hal tersebut mungkin akan membuat mereka durhaka terhadap suaminya. Selain itu, suami sebaiknya juga menjaga istri yang sedang hamil dengan baik. Penting untuk selalu menanamkan nilai-nilai islami untuk membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah.

4.    Bergunjing Dan Berkata Buruk

Dalam ajaran Islam, seorang wanita yang sedang hamil juga dilarang untuk berkata buruk, seperti menghina, menjelek-jelekkan, dan menggunjing. Meskipun sebenarnya hal tersebut juga sangat dilarang bagi umat muslim. Dikhawatirkan, apabila yang dijelekan itu justru akan berbalik menimpa anaknya sendiri. Tidak hanya itu, bergunjing atau ghibah adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam ajaran agama Islam.

5.    Melakukan Syirik Kecil

Melakukan syirik kecil juga menjadi pantangan bagi ibu hamil dalam Islam. Sebaiknya ibu hamil menghindari ritual yang tidak didasari dengan anjuran agama Islam, dan tidak ada tuntunannya.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek