April 23, 2021

Hukum Aqiqah untuk Anak Menggunakan Jasa Aqiqah Jakarta

Jasa Aqiqah Jakarta - Aqiqah dan juga Qurban itu adalah dua bentuk ibadah kepada Allah SWT yang keduanya memiliki dua pengaplikasian yang sama, yaitu sama-sama menyembelih hewan. Kedua jenis ibadah ini memiliki hukum yang sama dalam agama kita, yaitu sunnah muakkad. Waktu serta cara melaksanakannya juga telah sangat jelas ditetapkan di dalam syariat agama. Ibadah qurban dilakukan saat hari raya Idul Adha dalam tiga hari tasyrik, sedangkan aqiqah dilaksanakan di hari ke-7, 14, dan hari ke-21 terhitung sejak hari kelahiran si kecil kesayangan Anda.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa aqiqah itu adalah hewan yang disembelih sebagai sebuah bentuk rasa bersyukur orang tua kepada Allah SWT atas karunia yang diberikanNya kepada orang tua. Yaitu berupa lahirnya bayi baik itu anak lelaki maupun anak perempuan.

Mengenai status hukum dari aqiqah ini, menurut Zakariya Al Anshari adalah sunnah muakkad. Hal ini berdasarkan apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam hadist: “Seorang bayi itu tergadaikan dengan aqiqahnya, pada hari ketujuh disembelih hewan, dicukur rambutnya dan diberi nama” (H.R. Ahmad dan at-Tirmidzi).

Mengaqiqahkan anak kesayangan Anda dengan melalui jasa aqiqah Jakarta dibolehkan, meskipun Anda sebagai orang tua tidak secara langsung melihat proses penyembelihan hewannya. Ini termasuk ke dalam bab mewakilkan (taukil), yang menjadi intinya di sini adalah niatnya muwakkil (Anda sebagai orang yang menyerahkan perwakilan dirinya kepada pihak selain diri Anda). Dalam masalah ini, yang menjadi poin utama adalah niat Anda sebagai orang yang mewakilkannya. Sementara niat orang yang diwakilkan dalam menyembelih hewan untuk aqiqah pesanan dan “atas nama siapa (anak Anda) bukanlah menjadi syarat sahnya aqiqah.

Lalu bagaimana apabila aqiqah tersebut diganti dengan uang? Menurut kami adalah bahwa aqiqah ini tidak bisa digantikan dengan uang. Karena esensi dari ibadah aqiqah ini adalah mengalirkan darah dengan menyembelih hewan. Dengan menyembelih dua ekor kambing untuk anak lelaki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Dan hal ini termasuk salah satu bentuk ibadah yang status hukumnya adalah sunnah muakkad atau disebut dengan taqarrub. Di dalam sebuah hadist yang sahih dikatakan bahwa: “Bersama seorang bayi itu ada aqiqah, maka alirkan darah untuknya (aqiqah), dan singkirkan hal yang mengganggunya (mencukurnya).” (H.R. Bukhari)

Mengganti aqiqah dengan cara menggunakan sejumlah uang yang seharga dengan hewan aqiqa untuk kemudian uang tersebut dibagikan pada fakir miskin tidaklah diperkenankan. Sebab, kedudukan aqiqah ini tidak bisa digantikan dengan sejumlah uang yang meskipun nilainya setara dengan daging hewan qurban tersebut. Aqiqah adalah termasuk ke dalam syariat atau ketentuan Allah SWT yang terdapat maksud khusus dengan kelahiran anak. Jadi tentunya uang saja tidak akan dapat menggantikan manfaat hikmah serta tujuan dari aqiqah.

Jadi Anda tidak usah ragu dengan apa yang menjadi banyak pertanyaan orang saat ini, yaitu bagaimana jika kita menggunakan jasa aqiqah untuk mengaqiqahkan anak kita. Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah.

Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda. Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek