August 2, 2021

Ajari Anak Hal Baik Untuk Mendidiknya Menjadi Pribadi yang Baik

Jasa Aqiqah Jakarta - Setiap orangtua muslim tentu perlu mengetahui bagaimana cara mendidik anak menurut Islam. Ini karena, cara mendidik anak yang dilakukan berpengaruh terhadap akhlak dan masa depan anak. Cara mendidik anak menurut Islam telah diajarkan oleh para Nabi. Menyayangi anak serta memberikan pendidikan perlu dilakukan dengan berbagai cara sesuai tingkatan perkembangan usianya. Sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dan santun.

Kewajiban orangtua dalam mendidik anak tidak hanya dilakukan ketika anak lahir. Namun, sejak anak masih dalam kandungan, orangtua perlu mengenalkannya dengan hal-hal baik dan memberikan pendidikan agama sejak dini. Bahkan, di dalam Islam telah dijelaskan bagaimana mendidik anak sejak dini sejak dalam kandungan, bahkan ketika suami istri berhubungan untuk memperoleh anak. Dimana ada tata cara dan adab yang harus dilakukan, agar kelak menghasilkan keturunan yang sholeh dan sholihah.

Peran yang dimiliki orangtua dalam memberikan pendidikan bagi anak-anaknya sangatlah penting. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk memberikan pendidikan agama sejak dini yang telah dirangkum oleh jasa aqiqah Jakarta.

Memperdengarkan dan Mengenalkan Al Qur’an Sejak Dini

Salah satu cara dalam mendidik anak yang pertama yaitu mengenalkan Al Qur’an sejak dini. Hal ini bisa mulai dilakukan sejak anak dalam kandungan hingga lahir. Selama masa kehamilan, sebaiknya anda memperbanyak untuk membaca Al Qur’an atau mengaji. Selain dapat membawa ketenangan, tentunya dengan rutin membaca Al Qur’an akan membawa berkah. Anda juga bisa memperdengarkan si kecil yang masih dalam kandungan dengan bacaan ayat-ayat suci Al Qur’an.

Setelah bayi lahir ke dunia, anda juga perlu untuk memperdengarkan bacaan Al Qur’an secara teratur setiap hari. Tujuannya agar anak sudah mulai terbiasa dengan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an. Apabila anda ingin agar si kecil kelak bisa menjadi seorang hafidz, maka bisa dimulai dengan memperdengarkan juz 1 dari sejak lahir hingga usia 30 hari. Yang kemudian berlanjut dengan memperdengarkan juz 2 pada usia bayi 2 bulan, begitu seterusnya hingga selesai juz 30. Anak anda akan terbiasa dengan ayat-ayat suci Al Qur’an sejak masih usia dini.

Mengajarkan Dasar-Dasar Islam

Menurut Islam, car amendidik anak bisa dimulai dengan mengajarkan dasar-dasar Islam. Pada usia 3 tahun, anak bisa mulai diajarkan mengucapkan kalimat Tauhid "LAILA HA ILLALLAH" sebanyak 7 kali. Kemudian ketika menginjak usia 3 tahun 7 bulan, maka anak perlu untuk diajarkan kalimat “MUHAMMADAR RASULLULLAH".

Mendidik anak dengan mengajarkan dasar-dasar Islam juga perlu dilakukan dengan memberi contoh dan mengajarkan anak untuk melaksanakan ibadah salat. Sejak amak usia dini, mala perlu untuk sudah membiasakan si kecil mengambil air wudhu dan mengikuti gerakan salat. Meskipun anak belum benar sama sekali dalam melakukannya, orangtua tetap perlu untuk mengajarkan dan membiasakannya. Ketika anak sudah terbiasa melihat kedua orangtuanya melaksanakan ibadah salat dan meniru setiap gerakannya. Maka akan lebih mudah untuk diajari kelak ketika mereka sudah mulai mengerti.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Aqiqah Jakarta yang Profesional

Mengajarkan Tauhid

Dalam mendidik anak menurut Islam sesuai apa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw, dengan melakukan adzan ketika anak baru lahir. "Dari Abu Dawud dan Tirmidzi Aku telah melihat Rasulullah SAW mengazankan Al-Hasan bin Ali pada telinganya saat dilahirkan oleh Fatimah dengan azan seperti azan salat". (HR. Tirmidzi).

Mengajarkan Puasa

Mengajak anak untuk mulai mengenal puasa sejak dini yakni pada usia 6 tahun dan sudah mengajarkan bangun sahur, maka anak akan mengenal kewajiban puasa. Orangtua perlu untuk menanamkan pada anak segala manfaat dan berkah dari berpuasa. Ketika anak Anda sudah terbiasa untuk berpuasa, maka akan lebih mudah untuk menjalankan puasa Ramadhan secara penuh.

Memberi Nama Panggilan yang Baik

Memberi nama panggilan yang baik sebagai sebuah doa dari orangtua demi masa depan buah hatinya. Salah satu bentuk mencintai, mendidik, dan menghormati anak bisa dilakukan melalui nama panggilannya.

Membacakan Kisah Nabi dan Para Suri Tauladan

Anda juga bisa membacakan kisah para suri tauladan, seperti para Nabi untuk memberikan contoh yang baik bagi anak. Sehingga mereka dapat belajar menjadi pribadi yang baik dan mampu menerapkan ajaran Islam sesuai syariat.

Membiasakan Ucapan Salam

Membiasakan anak untuk selalu mengucapkan salam juga merupakan cara mendidik anak sesuai ajaran Islam. Salam merupakan kalimat doa sekaligus bentuk dari sopan dan santun pada orang lain.

Dan untuk keperluan aqiqah si kecil kesayangan Anda, Anda bisa mempercayakannya kepada Rizki Aqiqah. Rizki Aqiqah adalah penyedia jasa paket aqiqah yang memiliki spesialisasi di bidang aqiqah. Mereka menyediakan kambing yang sehat dan berkualitas serta memenuhi syarat sah aqiqah, selain itu Anda juga bisa langsung memilih kambing tersebut sesuai dengan selera Anda.

Lalu mereka juga memiliki tim pemotongan kambing yang profesional dan berpengalaman sehingga Anda bisa mempercayakan pemotongan kambing tersebut kepada mereka. Meskipun Anda juga dapat melakukan pemotongan sendiri kambing aqiqah yang Anda pesan ini. Tidak hanya itu, Rizki Aqiqah juga siap menyalurkan hasil aqiqah tersebut ke panti asuhan atau yayasan serta masjid yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, hubungi kontak person jasa aqiqah Jakarta terbaik ini sekarang juga!

 Produksi © 2023 Rizki Aqiqah, Aqiqah Terlaris & di Percaya Ribuan Orang di Jabodetabek